MARKETING SYARIAH : Fenomena Fatin X Factor

Marketing Syariah – Mungkin ini tulisan ke sekian puluh kali atau bahkan ratusan kali atau lebih malah, mengenai Fenomena Fatin X Factor……tapi ada hal lain yang menarik dicermati mengenai fenomena ini, betapa tidak, dari tayangan You tube Fatin yg berjudul GRENADE BRUNO MARS  yang di upload oleh Skak Ster –  sudah di tonton (sampai pagi ini) oleh 2,511,281, belum lagi untuk tweet dengan tulisan Fatin,malam kemarin – sabtu malam pernah Fatin mendapatkan Tweet 2.500 TPH ( tweet per jam) luar biasa fenomena ini .Kembali ke topik Blog ini, bagaimana fenomena Fatin X factor ini bisa terjadi. Dari beberapa analasis di beberpa artikel  & tulisan mengenai Fatin X facor ini  mengatakan bahwa Fenomena Fatin terjadi karena beberapa hal :  antara lain karena suaranya yang khas, kemudian keluguanya waktu pertama kali tampil di X faxtor atau tepatnya pemilihan lagu yang dibawakan oleh Fatin yang menjadi dia fenomenal seperti ini. Oke itu semua bisa terjadi, bisa jadi juga sebenarnya ada fenomena yang lain. Yaitu  kerinduan masyarakat akan hadirnya sosok Muslim yang bisa menjadi tokoh di panggung TV.

Kenapa bisa begitu, bayangkan umat ini tiap hari di suguhi tontonan yang yang monoton dan tiada akhirnya. Dari sinetron yang bersetting Islam tapi sebenarnya lebih banyak melcehkan atau bahkan tontonann Terositainment yang menunjukkan keperkasaan Aparat melawan para terorist yang selalu di identikan dengan Islam, dan hebatnya Aparat selalu menang tidak pernah kalah persis kayak film superhero buatan Holywood.

Bisa jadi Fenomena Fathin ini adalah Fenomena Gunung es yang sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Kita coba lihat : semisal bisnis dan penjualan baju muslim bak jamur di musim hujan dan makin ramai pas bulan romadhon tiba, tapi anehnya bukannya malah meredup bisnis ini pasca Romadhon….atau ketika pertunjukan Film “Di Bawah Lindungan Ka’bah” yg membludak tahun 2011 dan di tahun 2012  Film  “Ainun & Habibie” dengan jumlah penonton 2.5jt orang..wow…luar biasa. Atau bisa dilihat juga dari banyaknya pengusaha yang sekarang memanjakan Muslim dengan menyediakan keperluan untuk Ibadah kita, dalam tulisan terdahulu saya sampaikan D’Cost di salah satu cabangnya malah menyediakan 5 Mushola sekaligus yang nyaman dan mewah.

Jadi target market muslim begitu besarnya dan menjadi prospek market masa depan yang menggairahkan dan market ini sedang menunggu produk-produk para produsen Muslim yang lain. Walau tantangan & hadanganya itu selalu ada terutama dari kalangan mainstream yang tidak begitu gembira melihat potensi dan fenomena ini bisa ketahuan pada waktunya, memang bisa jadi tantangan dan hadangan ini menimbulkan kesulitan buat kita, tapi saya yakin dan optimis ini adalah masa depan negri ini  dan market  ini milik kita

Wallahu a’lam bis-shawaab

Ingin diskusi mengenai tulisan ini, silahkan follow twitter saya @emcivic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *