MARKETING SYARIAH : konsumen generasi Z

stack_ultrabook-11399570

Marketing Syariah – Membaca buku Yuswohady (Mas Siwo ) yang berjudul #C3000 serasa diri ini dibawa membara dari kehidupan sekarang dan masa datang, betapa tidak dalam buku tersebut yang lebih banyak menceritakan perilaku konsumen masa kini, dengan segala tingkah polah yang lucu menggelikan dan kadang ketampar juga pas baca tulisan buku itu, karena tanpa sadar kita juga berlaku dan berlagak kayak konsumen yang ditulis dalam buku tersebut. Akan tetapi  walau demikian dalam buku tersebut tersimpan rasa optimisme yang besar Mas Siwo untuk menuju masa depan pemasaran negri ini. Pertumbuhan ekonomi negri ini yang penuh dengan potensial masa depan, tak pelak akan menyambangi kita.

Berkaitan dengan masa depan, siapakah Target Market masa depan para pemasar kita, yes tentu saja anak-anak yang sekarang masih duduk di bangku sekolah, merekalah masa depan negri ini, masa depan konsumen target pemasaran kita dan masa depan bumi ini sendiri. Dan generasi tersebut sering disebut dengan “Generasi Z” atau “Generasi Net” generasi tersebut adalah generasi yang terlahir pada tahun 1998. Menurut Kenneth Young (2009) generasi Z digambarkan sebagai digital native, di mana mereka sudah akrab dengan dunia digital sejak masih usia dini. Salah satu ciri khas, mereka mencari informasi lewat internet. Generasi ini adalah generasi yang sangat terbuka dengan perubahan dan yang sangat penting generasi sangat menantang buat para marketer karena mereka sangat terbuka dengan informasi alias sangat sadar dengan keterbukan informasi.

Tentu saja hal ini jadi tantangan buat kita para pemasar, tapi seharusnya hal yang biasa-biasa saja buat para MARKETer SYARIAH, karena kondisi demikian buat kita adalah kondisi yang ideal untuk memasarkan produk. Kalau dulu ada adigum yang mengatakan “mau teori marketing setinggi apa – pun tetap akan kalah sama permainan di bawah meja”. Bagi para MARKETer SYARIAH yang selalu konsisten dengan kondisi dimana Generasi Z adalah target market kita, kondisi demikian adalah kondisi yang sebenarnya di harapkan. Kita tidak di hadapkan oleh ukuran Marketing yang unpredictable akan tetapi justru predisctible karena output Marketing kita akan benar-benar bisa terukur hasilnya. Betapa tidak generasi Z yang sangat terbuka dan transparan ini akan kritis dengan produk kita dan akan dengan gampangnya membanding-bandingkan dengan produk lain, dan mereka hanya memilih yang produknya sesuai dengan kebutuhan sebenarnya dan tidak sekedar di ada-adakan saja (seperti kondisi saat ini yang penting laku, tanpa berpikir tentang masa depan customer), dan hanya mereka para produsen yang produknya yang berkualitas dan dengan harga yang masuk akal saja yang akan di pilih Konsumen Generasi Z.

MARKETer SYARIAH bersiaplah menyongsong masa ke emasan ini.

Wallaahu a’lam bis-shawaab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *